Jurnal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan

        Setiap perusahaan didirikan dengan harapan bahwa perusahaan tersebut dapat berkembang dan bersaing dalam jangka waktu yang panjang serta dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Tujuan utama dari perusahaan yaitu meningkatkan kemakmuran pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan (Rasyid, 2015). Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan  kinerja perusahaan  yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Menurut Sukirni (2012), nilai perusahaan tercermin pada harga sahamnya. Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual (Husnan dan Pudjiastuti, 2004).
        Investor dalam melakukan keputusan investasi dpasar modal memerlukan informasi tentan
penilaian saham. Bagi perusahaan yang telah mempunyai saham (go public), nilai perusahaan dapat dinilai dari harga sahamnya di bursa efek. Fama dan French (1998) dalam Husnan dan Pudjiastuti (2004) menyatakan nilai perusahaan akan tercermin dari harga pasar sahamnya. Nilai pasar saham dapat digunakan sebagai patokan untuk nilai perusahaan yang sebenarnya, seperti yang dinyatakan oleh Haugen (2001) dalam Maramis (2007) nilai perusahaan itu dapat didefinisikan berdasarkan harga saham. Hal ini karena harga saham berisi ekspektasi pasar mengenai masa depan perusahaan. 
      Penelitian tentang factor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan sudah banyak dilakukan diantaranya 

















Comments