Setiap
perusahaan didirikan dengan harapan bahwa perusahaan tersebut dapat berkembang
dan bersaing dalam jangka waktu yang panjang serta dapat mempertahankan
kelangsungan usahanya. Tujuan utama dari perusahaan yaitu meningkatkan
kemakmuran pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan (Rasyid, 2015).
Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja
perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap
perusahaan. Menurut Sukirni (2012), nilai perusahaan tercermin pada harga
sahamnya. Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh
calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual (Husnan dan Pudjiastuti, 2004).
Investor dalam melakukan keputusan investasi di pasar modal memerlukan informasi tentang
penilaian saham. Bagi
perusahaan yang telah mempunyai saham (go
public), nilai perusahaan dapat
dinilai dari harga sahamnya di bursa efek. Fama dan French (1998) dalam Husnan dan Pudjiastuti (2004)
menyatakan nilai perusahaan akan tercermin dari harga pasar sahamnya. Nilai
pasar saham dapat digunakan sebagai patokan untuk nilai perusahaan yang
sebenarnya, seperti yang dinyatakan oleh Haugen (2001) dalam Maramis (2007)
nilai perusahaan itu dapat didefinisikan berdasarkan harga saham. Hal ini
karena harga saham berisi ekspektasi pasar mengenai masa depan perusahaan.
Penelitian
tentang factor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan
sudah banyak dilakukan diantaranya
Comments
Post a Comment